Selasa, 14 Agustus 2012

Text Editor & IDE untuk Ruby on Rails

Ada banyak pilihan Text Editor dan IDE yang saat ini sudah support aplikasi Ruby on Rails untuk sistem operasi Linux / Windows / Mac OS X. Tiap Text Editor / IDE tersebut menawarkan berbagai fasilitas untuk mempermudah Developer dalam membuat aplikasi Ruby on rails.

Berikut ini beberapa diantaranya:


Aptana bisa menjadi pilihan IDE untuk aplikasi Ruby on Rails, HTML5, CSS3, JavaScript, PHP and Python. Aptana IDE ini merupakan open source software.

Dapat digunakan di Sistem Operasi: Windows, Linux, Mac OS X


TextMate ini merupakan salah satu text editor favorit untuk aplikasi Ruby on Rails karena banyak fitur yang dapat mempermudah developer dalam membuat aplikasi Ruby on Rails, diantaranya fasilitas untuk Rspec ( salah satu media testing di Ruby on Rails ).

Dapat digunakan di Sistem Operasi: Mac OS X



Atom merupakan text editor yang pertama dikembangkan oleh github.com. Sudah terintegrasi dengan git dan relatif ringan ketika digunakan. Keuntungan lain dari atom editor adalah fleksibilitas untuk melakukan "custom configuration" yang sesuai dengan tagline mereka yaitu "hackable text editor".

Dapat digunakan di Sistem Operasi: Linux, OS X, Windows


Thanks buat mas Goro yang sudah merekomendasikan sublime text editor 2. Sublime ini merupakan text editor yang ringan namun canggih. Banyak fasilitas yang memudahkan kita ketika menulis code, seperti membuka file dengan search, ataupun mencari "kata" di dalam file dengan relatif cepat. 

Dapat digunakan di Sistem Operasi: Linux, OS X, Windows


Kalau Anda suka pake linux, pasti tau text editor ini :). Selain simple, gampang digunakan, ringan dan tidak menghabiskan memori, Gedit juga bisa Anda gunakan untuk edit aplikasi Ruby on Rails. Ini bisa jadi pilihan untuk Anda pengguna Linux dan suka dengan text editor yang simpel.

Dapat digunakan di Sistem Operasi: Linux



Untuk Anda pengguna Windows yang tidak suka dengan IDE seperti Aptana dan suka dengan text editor yang simpel seperti Gedit di linux, maka Anda dapat menggunakan Notepad++ untuk edit aplikasi Ruby on Rails. Walaupun fitur yang supportnya tidak selengkap Aptana, tapi Notepad++ ini lebih ringan dan tidak banyak menggunakan memori.


Demikian Text Editor dan IDE untuk aplikasi Ruby on Rails kali ini. Semoga membantu Anda dalam belajar ruby on rails.

Happy Coding.



10 komentar:

  1. Rasanya ada yang kurang, Kang. Mana IDE yang akang sendiri gunakan setiap hari untuk Ruby? Oiya, mohon dihentikan dulu semua captcha sebelum web ini benar-benar dikunjungi banyak orang karena captcha membuat orang malas untuk berkomentar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita biasanya pake Netbeans / gedit Kang.

      Untuk captcha suda saya disable, makasih ya input nya

      Hapus
  2. Alvians Network31 Desember 2013 17.16

    Makasih banyak infonya Kang, saya masih pemula ttg Ruby.

    BalasHapus
  3. Keren pisan nih kang penjelasannny .. .

    BalasHapus
  4. Saya rekomendasikan satu ya, Sublime Text 2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Kang, makasih inputnya. Kami akan tambahkan di atas

      Hapus
  5. Vim dong hehe buat ngoding ruby dan rails ;)

    BalasHapus